Rahasia Sukses Investasi di Pasar Modal Part II

Tulisan ini adalah lanjutan dari Artikel Sebelumnya yang berjudul “Rahasia Sukses Berinvestasi di Pasar Modal, Apa Sih??” Jika Anda belum membacanya, silahkan klik di sini.

Oke.. dalam artikel sebelumnya, saya berjanji akan mengungkapkan benang merah dalam kesuksesan berinvestasi di pasar modal. Baiklah, berdasarkan berbagai macam buku yang telah saya baca, seminar yang saya ikuti, dan pengalaman di pasar,  saya menarik kesimpulan bahwa di dalam berinvestasi maupun trading, yang paling penting adalah KESEDERHANAAN dalam melakukan analisa. KEEP IT SIMPLE & STUPID!

Bahkan…Anda dapat berinvestasi dengan aman tanpa menggunakan indikator sama sekali. Ini adalah yang dilakukan oleh Warren Buffett. Dari buku-buku yang saya baca, dikatakan bahwa Warren Buffett tidak mengerti analisa teknikal sama sekali dan berinvestasi hanya dengan menggunakan kriteria sederhana yang dibuatnya. Komputer di kantor kecilnya itu hanya digunakan untuk main bridge guna mengasah ketajaman otaknya. Kabarnya, Warren Buffett sering sekali bermain bridge secara online bersama Bill Gates, Founder Microsoft yang juga teman dekatnya. Asik yah? Hehehe..

Hal kedua yang perlu diingat adalah DISIPLIN. Seringkali orang tidak disiplin terhadap aturan CUT LOSS yang telah dibuatnya. CUT LOSS itu artinya menjual rugi saham yang Anda beli untuk menghindari kerugian yang lebih lanjut. Tidak ada yang pasti di pasar modal. Yang pasti hanyalah KETIDAKPASTIAN. CUT LOSS adalah salah satu alat untuk mengantisipasi ketidakpastian itu.

Oke… Mari kita kembali lagi ke topik mengenai “orang-orang negatif yang selalu menyalahkan pasar dan menyalahkan orang lain!”

Mayoritas orang yang saya jumpai sering berkata seperti ini :

  • ”Ah, jangan ikut seminarnya si guru X, isinya cuma gitu-gitu doang!”,
  • “Seminarnya  guru A udah harganya mahal, tapi isinya sama aja kaya seminar-seminar lain, PERCUMA!”
  • “Ah bukunya si guru Z isinya juga cuma gitu-gitu doang juga, ga usah dibaca!”

Anda boleh merasa terkejut karena saya berani mengatakan bahwa pendapat orang-orang di atas memang 100% benar! Berdasarkan pengalaman pribadi saya, saya juga membaca berbagai buku dari guru-guru investasi baik di dalam maupun di luar negeri dan isinya memang “CUMA GITU-GITU DOANG!”

Nah… yang menjadi pertanyaannya adalah:

  • “Kenapa ada orang yang sukses setelah membaca buku dan mengikuti seminar yang katanya ‘cuma gitu-gitu doang’, dan di satu sisi banyak juga orang yang gagal meskipun sudah membaca berbagai buku dan mengikuti seminar yang sama ?”
  • “Kenapa ada orang yang gagal dan sampai bunuh diri segala karena investasi di pasar modal, tetapi di satu sisi ada juga orang-orang yang mencapai kebebasan finansial setelah berinvestasi di pasar modal ?”

**Tanya, Kenapa ???**

Berarti.. kesalahannya bukan terletak pada pasar modalnya atau buku maupun seminarnya, melainkan pada diri orang itu sendiri! Mayoritas orang tidak berani bertanggung jawab 100% pada dirinya sendiri, melainkan selalu menyalahkan keadaan atau menyalahkan orang lain! Mayoritas orang fokus pada hal-hal negatif. Misalnya :

  • “Saya tidak punya modal untuk berinvestasi”
  • “Hmm, seminar guru A tidak lengkap, buku B tidak lengkap”.
  • “Saya terlalu tua/ terlalu muda untuk sukses”

Untuk mencapai sesuatu, sudah seharusnya Anda merubah fokus ke hal-hal positif, menjadi :

  • Ubah poin nomor 1 menjadi : “ Bagaimana caranya supaya saya punya modal untuk berinvestasi ?”

Dan saat ini untuk memulai investasi langsung di saham, Anda bisa mulai hanya dengan 5 juta rupiah. Atau.. Anda bahkan bisa memulai investasi di reksadana yang hanya butuh modal mulai dari 100 ribu rupiah.

Hmm.. mungkin Anda bingung ? 100 ribu rupiah ? Serius ? Yah… saya serius dan sangat-sangat serius. Silahkan Anda buktikan sendiri bahwa Anda bisa memulai investasi di pasar modal hanya dengan 100 ribu rupiah melalui reksadana. Silahkan googling di internet kalau tidak percaya. Dan.. saya juga memulai investasi saya di pasar modal melalui reksadana dan mulai dengan uang 100 ribu rupiah!

Mungkin Anda bertanya-tanya, “Wah kenapa saya tidak tahu dari dulu bahwa bisa memulai investasi di pasar modal hanya dengan 100 ribu rupiah?”

Jawabannya : Karena Anda tidak mencari tahu dan selalu fokus kepada hal-hal negatif  bahwa “Untuk investasi harus butuh modal besar!”. Sederhana bukan ? :p

  • Ubah poin nomor 2 menjadi : “Buku dan seminar apa lagi yang harus saya ikuti untuk melengkapi ilmu yang sudah saya dapat dari guru A ?” Berhentilah menyalahkan bahwa “Seminar X tidak lengkap, buku X tidak lengkap, dan lain sebagainya!” Sudah menjadi tugas Anda untuk mengikuti berbagai seminar dan membaca berbagai buku untuk menjadikan ilmu Anda lengkap seutuhnya. Untuk sukses, Anda harus haus ILMU! Saya katakan bahwa dengan mempelajari paket pembelajaran Investor Sibuk pun tidak akan pernah cukup. Anda juga harus membaca buku-buku lainnya. Saya pribadi telah membaca hampir 200 buku di berbagai bidang hingga tulisan ini dibuat.
  • Ubah poin nomor 3 menjadi :  “Kata siapa saya terlalu tua/terlalu muda untuk sukses, buktinya banyak orang di luar sana sukses di usia muda dan banyak juga orang yang sudah tua tetapi sukses!”

Hal itu tidak hanya terjadi di dunia pasar modal saja… Sebagai contoh, kebetulan saja saya juga hobi pergi ke gym/fitness centre. Industri fitness juga industri yang penuh dengan mitos-mitos. Biasanya, orang pergi ke fitness centre dengan 2 tujuan dasar, yaitu :

  • Menurunkan berat badan (weight loss)
  • Membentuk badan (body building)

Untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, Anda pasti sudah mengetahui caranya, yaitu hanya ditentukan oleh 3 faktor sederhana:

  • Olahraga teratur (routine workout),
  • Mengatur pola makan (diet), dan
  • Istirahat yang cukup

Tapi masalahnya.. Anda pasti setuju dengan saya bahwa untuk disiplin menjalankan 3 hal di atas adalah sesuatu yang sangat sulit dan penuh tantangan

Jika Anda mengenal Anthony Robbins, seorang motivator dan pembicara terbaik di dunia, beliau mengatakan bahwa :

The secret of success is learning how to use pain and pleasure instead of having pain and pleasure use you. If you do that, you’re in control of your life. If you don’t, life controls you.

Manusia selalu mencari nikmat (gain pleasure) dan menghindari sengsara (avoid pain). Hal inilah yang selalu dimanfaatkan oleh ‘orang-orang yang kritis’ dalam berbagai industri. Apa maksudnya ?

Coba Anda jujur terhadap diri sendiri……….Anda tentunya sangat menginginkan segala sesuatu yang serba “instan”. Nah ini adalah letak ‘bisnis’ dari setiap industri..

Seringkali saya melihat beberapa headline menarik di cover sebuah majalah kebugaran (Saya tidak mau menyebut merk majalahnya karena saya tidak dibayar. Hehehe…), misalnya:

  • “Raih Sixpack Sempurna Hanya Dalam 4 Minggu”
  • “Dapatkan Otot Biseps yang Padat Hanya Dengan 2 Latihan Sederhana dari Meja Kantor Anda!”
  • “Rahasia Makanan Alami yang Akan Mempertajam Guratan Otot-Otot di Tubuh Anda!”
  • “Suplemen – Suplemen yang Akan Membantu Meningkatkan Massa Otot Anda Dalam Sekejap!”

Jujur saja, saya selalu membeli majalah tersebut setiap ada headline-headline menarik! Mengapa ? Karena seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa manusia cenderung mencari nikmat dan menghindari sengsara, maka saya rela melakukan apapun untuk mendapatkan tubuh berotot dengan guratan sixpack di perut saya secara INSTAN!

Namun… setelah saya membaca majalah tersebut, ternyata isinya juga “Cuma gitu-gitu doang!”, yakni seputar 3 faktor dasar dalam membentuk tubuh ideal, yaitu :

  • Olahraga teratur (routine workout),
  • Mengatur pola makan (diet), dan
  • Istirahat yang cukup

Jadi… apakah majalah itu menipu? Sama sekali TIDAK, karena memang permintaan pasarlah yang demikian. Buktinya… meskipun orang-orang sudah tahu bahwa untuk dapat membentuk tubuh ideal orang harus melakukan 3 faktor di atas, tetap saja orang ingin mencari jalan pintas.

Lihat saja, orang lebih memilih untuk meminum berbagai suplemen fat burner, pergi ke slimming center, atau melakukan operasi liposuction(sedot lemak) dibandingkan dengan menjalankan ketiga faktor di atas untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Lucu ya?  Yah… begitulah manusia…

Setelah saya menyadari bahwa untuk mencapai kesuksesan dalam berbagai bidang yang penting adalah TAKE ACTION dan persistensi, saya menjadi lebih rasional ketika memilih majalah kebugaran atau membeli suplemen-suplemen kesehatan. Perlu disadari bahwa segala sesuatunya tidak ada yang instan.

Yang benar-benar instan hanyalah mie instan. Kesuksesan tidak ada yang instan… hehehe, mungkin salah satu dari Anda suatu hari ada yang menemukan formula sukses instan, cukup diseduh air panas lalu tunggu 3 menit. Lalu… *cling* Anda langsung sukses. Kalau ada, segera kabari saya di http://www.FerdieDarmawan.com/support dengan subjek “Formula Instan Cukup Diseduh Air Panas”, nanti saya akan bayar berapapun yang Anda mau. Serius nih! :P

So… apakah Anda tidak boleh membeli majalah-majalah kebugaran dan suplemen fitness? Tentu saja boleh.. Saya juga tetap sering membeli majalah-majalah tersebut untuk menambah semangat saya. Dengan membaca majalah-majalah tersebut secara konsisten, semangat saya untuk memperoleh perut sixpack menjadi semakin besar!

Yang perlu diingat….. Anda membeli suplemen dan majalah itu bukan untuk mendapatkan badan ideal dalam sekejap, melainkan untuk menambah wawasan Anda atau suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak dapat diproduksi secara langsung oleh tubuh Anda.. Jadi… tujuannya bukan untuk memperoleh tubuh ideal secara INSTAN!

Kalau memang dengan membaca majalah saja saya bisa memperoleh perut sixpack tanpa harus berolahraga dan mengatur pola makan, saya mau membayar berapapun untuk membeli majalah itu… Kalau Anda menemukan majalah yang seperti itu, segera hubungi saya, dan saya BERJANJI akan membayar berapapun kepada Anda! Hehehe…

Lalu, apa hubungannya dengan investasi di pasar modal ?

Nah.. banyak orang menganggap bahwa pasar modal adalah cara cepat untuk menjadi kaya. Orang-orang selalu mencari cara-cara instan dan memodifikasi berbagai indikator untuk menemukan cara SEMPURNA dalam meramalkan arah pasar…Sekali lagi,, yang menjadi permintaan pasar adalah  segala sesuatu yang sifatnya ‘instan’. Oleh karena itu,  banyak sekali tawaran-tawaran ‘High Yield Investment Program’ atau ‘cara-cara cepat kaya yang lainnya’. Bahkan, banyak tawaran yang menjual software trading atau robot yang membuat segalanya tampak mudah dan instan. Dan biasanya,  If something is too good to be true, it’s usually not true…

Padahal… hal yang paling penting hanyalah kesederhanaan dalam analisa serta kedisiplinan Anda dalam berinvestasi dan mengatur uang Anda… Tidak ada jalan pintas dan tidak ada cara instan…

Jadi.. jelas saja meskipun Anda sudah membaca berbagai macam buku dan pergi ke berbagai seminar, Anda hanya akan menemukan hal yang memang “cuma gitu – gitu doang!”

Pertanyaannya… Sudahkah Anda disiplin terhadap aturan-aturan yang Anda buat untuk mencapai kesuksesan Anda dalam hal apapun ?

***Jangan MEMBELI Paket Pembelajaran InvestorSibuk.com!***

Dalam Paket Pembelajaran InvestorSibuk.com yang akan segera launching,  jika Anda masih saja menyalahkan orang lain dan tidak mau bertanggung jawab kepada diri sendiri, saya yakin bahwa Anda juga akan menganggap isi dari paket pembelajaran ini juga “cuma gitu – gitu doang! Atau bahkan Anda katakan bahwa isi dari paket pembelajaran ini adalah  “SAMPAH” dan sama saja seperti buku-buku atau seminar-seminar lain di luar sana. Dan.. secara jujur saya mengatakan bahwa isinya MEMANG SEPUTAR ITU-ITU SAJA karena tidak ada hal yang benar-benar baru di dunia ini…

Jadi..lebih baik Anda JANGAN MEMBELINYA dan segera BERHENTI membaca tulisan-tulisan saya daripada Anda membuang-buang uang dan waktu Anda!

Mungkin Anda merasa aneh, mengapa saya malah menyuruh Anda untuk tidak membeli paket pembelajaran yang saya susun???

Jawabannya : Saya hanya menginginkan orang-orang berkualitas yang benar-benar berkomitmen untuk berhasil dalam berinvestasi di pasar modal dan mau menjadikan investasi sebagai bagian dari hidupnya. Anda pasti tahu bahwa kesuksesan hanya akan menjadi milik orang-orang yang mau bertanggung jawab terhadap diri sendiri, berhenti menyalahkan orang lain, dan selalu HAUS akan pengetahuan!

PERHATIAN : Di website investorsibuk.com dituliskan bahwa Anda hanya butuh 10 menit setiap minggunya. Anda jangan berpikir begitu selesai membacanya Anda langsung mencapai ke tahap 10 menit setiap minggunya. Anda tetap harus menambah ilmu di bidang ini dengan membaca buku-buku lainnya, internet, dan lain sebagainya. Anda perlu tahu bahwa yang saya sharingkan adalah step-step yang harus Anda lakukan supaya Anda bisa berinvestasi dengan aman hanya dengan 10 menit setiap minggunya. Tentunya butuh waktu untuk mencapai level itu. Jadi, jangan berpikir bahwa yang saya sharingkan adalah cara instan. Anda harus fokus, berkomitmen, dan juga SABAR.

Jadi….Jika Anda masih sering menyalahkan keadaan dan menyalahkan orang lain, Anda tidak akan pernah mencapai apa yang anda inginkan.

Dan, setelah artikel yang super panjang ini, menjawab judul artikel ini, “Apa sih rahasia sukses berinvestasi di pasar modal ??” Saya yakin anda pasti kecewa karena telah membaca tulisan yang begitu panjang dan saya mengungkapkan bahwa rahasia sukses berinvestasi di pasar modal adalah “tidak ada rahasia” karena semua orang sudah mengetahui bahwa yang penting adalah kesederhanaan analisa, kedisiplinan, dan juga jam terbang Anda!

Lantas, kalau ditanya, “Apa rahasia sukses mendapatkan bentuk tubuh ideal?? Jawabannya juga sama saja, rahasianya adalah ‘tidak ada rahasia”, karena semua orang sudah tahu bahwa hanya ada 3 faktor sederhana untuk mencapai berat badan ideal, yaitu :

  • Olahraga teratur,
  • Pola makan teratur, dan
  • Istirahat yang cukup

Atau.. kalau Anda pernah menonton film kungfu Panda, Anda pasti ingat adegan pertempuran sengit antara PO (sang Panda jagoan) melawan  Tai Lung (musuh utamanya)  untuk merebutkan sebuah kitab rahasia.

KUNG FU PANDA

Pada akhirnya, ternyata kitab itu kosong . Artinya : “The Secret Is Nothing!”

Pertanyaan Besarnya adalah “Sudahkah Anda DISIPLIN Menjalankan Semua Hal Sederhana di atas ?“

ATAU

Hanya sekedar tahu dan tidak menjalankannya…

Demikian dari Saya, semoga bermanfaat bagi Anda. Silahkan tuliskan komentar Anda pada kolom comments di bawah ini dan BUKTIKAN bahwa diri Anda adalah instrumen investasi yang terbaik di dunia. Happy Investing !

Penawaran Spesial : Saya akan memilih satu orang dengan komentar terbaik dan komitmen terbaik dengan memberikan komentar secara konsisten pada setiap artikel yang saya tulis selama fasa PRE LAUNCH InvestorSibuk.com dan akan mendapatkan Paket GOLD InvestorSibuk.com secara GRATIS senilai Rp 19.027.000,- pada saat website InvestorSibuk.com ini LAUNCHING.

Khusus untuk satu orang ini, tidak perlu mendapat 1500 referral terlebih dahulu untuk mendapatkan paket pembelajaran investorsibuk.com secara GRATIS!

INGAT,,,Hanya untuk 1 orang terbaik dengan komentar, komitmen, serta keinginan yang kuat ! Jadi tuliskan komentar Anda sebaik dan sekreatif mungkin!

Selamat berkompetisi ! Undang Teman Anda PLUS Berikan Komentar Terbaik Anda pada Setiap Artikel Saya Untuk Meningkatkan Peluang Anda Mendapatkan Paket Pembelajaran InvestorSibuk.com Secara GRATIS Senilai Rp 19.027.000,-!!!

Please note: I reserve the right to delete comments that are offensive or off-topic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

24 thoughts on “Rahasia Sukses Investasi di Pasar Modal Part II

  1. jangan menunggu kaya dulu untuk berinvestasi, tapi mulailah belajar investasi agar jadi orang kaya … dan melalui paket pembelajaran Investor Sibuk, kita dapat mulai mengenal investasi di dunia saham …

  2. Mas Ferdie,

    Saya sudah membaca semua artikel sejak joint dalm Group ini. Banyak hal tentang investasi saham yg benar2x membuka pikiran saya yg salah selama ini. Walaupun seringkali kita sudah tahu bahwa aturannya jelas dlm bermain saham yaitu “Sabar” dan “Disiplin”, tapi kadang kali kalau sudah di dpn monitor sering lupa akan aturan itu :). Tp Thanks atas artikel2x yg selalu dikirim. Ini seperti “cambukan” buat kita2x yg pemain amatiran ini supaya cpt2x balik ke jalan yg benar :)
    Sekali lagi thanks atas artikel2x nya. Semoga tidak bosan2x selalu memberikan “cambukan” nya :)

    Salam

  3. Asik deh bacanya, ada kung fu Panda hehehe. Bener kok, siapa sih yang ngga pengen segala sesuatu nya instan, saya juga mau hehehe. Tp di mana-mana memang ngga ada yang instan, semua harus dipelajari dulu. Sama spt setelah kita lulus kuliah dan bekerja, pasti kita harus belajar mempraktekkan ilmu kita pada tempat kerja kita dan teori tidak selalu sama dgn praktek.
    Saya juga prihatin banyak seminar2 yang menawarkan program instan, jajinya dengan program ini dan itu tinggal tunggu signal buy dan sell, kalo sudah spt ini dimana letak pembelajarannya ? jelas tdk ada. Saya sering juga ikut preview seminar2 tsb dengan harapan utk menambah wawasan sebanya2nya.
    Buku2 sangat menunjang utk menambah wawasan dalam dunia investasi juga. Semula saya yang paling benci baca buku, skrg paling senang baca buku terutama ttg investasi saham krn memang saya ingin menambah pengetahuan sebanyak2nya juga. Setuju juga bhw disiplin amat perlu, shg rencana yang kita buat tidak berantakan gara2 ngga disiplin.
    Salut buat Ferdie untuk artikel nya, salam sukses.

  4. hehe.. komen saya tidak berubah.. tetap pada 3 point yaitu :
    1.sabar
    2.konsisten akan tujuan awal
    3.mencapai tujuan tsb secara bertahap

    saya tau betul koq 3 hal diatas berlaku untuk semua hal (hal paling sederhana saja, untuk bisa jalan menggunakan kaki sendiri saja butuh belajar bukan? tidak dengan instan anda bisa jalan..

    kenapa saya bilang demikian? jujur saja, saya waktu kecil dulu terbiasa merangkak.. dan untuk terbiasa berjalan butuh proses pembiasaan diri alias tidak instan)

    intinya komen saya 3 point diatas.

    salam ^^

  5. Bung Ferdie,

    Untuk kesekian kali saya disadarkan bahwa kesabaran dan pengendalian diri untuk tidak serakah kunci segalanya, mengalahkan namanya timing lah, bullish-lah, rekomendasi sekuritas2….dan lonjakan saham2 sampai ratusan persen yg membuat ngiler dan meruntuhkan akal sehat.

    Smoga dengan bergabung disini saya bisa mendapat pencerahan dan selalu down to earth.

    tks bung..

    smart investing !!

  6. kedisiplinan, kesabaran dan konsitensi adalah tiga hal yang mudah diucapkan tapi sulit dilakukan kecuali bagi mereka yang fokus akan tujuan dan telah memilih investasi sebagai jalan hidupnya
    salam

  7. Wow, dahsyat banget …. ini dasar ilmu segala ilmu. “The Secret is NOTHING”. FOKUS … BE SIMPLE …. ACTION, kira2 gitu yaa?

  8. Salam buat fredie….
    Saya tertarik sekali dengan ungkapan bung fredie “Padahal… hal yang paling penting hanyalah kesederhanaan dalam analisa serta kedisiplinan Anda dalam berinvestasi dan mengatur uang Anda… Tidak ada jalan pintas dan tidak ada cara instan…”
    Seberapapun ilmu diperoleh baik dari membaca buku, seminar,workshop, internet dan sumber yang lain dan mungkin ilmu dari pengalamn pribadi bagi yang sudah terjun ke riil investasi, pada dasarnya hanya menuntut kita untuk berpikir sederhana dalam analisa dan kedisiplinan dalam berinvestasi, tidak ada cara instan.
    Semoga sukses….

  9. Setuju dengan ulasan cerita dalam artikel ini, karena sekarang sedang mempraktekkannya sebagai trader . Progress terakhir melatih untuk konsisten dengan trading plan karena ternyata masih bisa terpengaruh juga oleh mood pribadi atau isu negatip yang berkembang dengan berita2 pada saat itu.

  10. Memang benar. Hampir selalu ada jarak antara apa yang kita tahu dengan apa yang kita lakukan.
    Rencana luar biasa yang tidak dijalankan masihlah sebuah angan-angan, tapi rencana biasa yang dijalankan itulah sebuah Kenyataan.

    Kita memang perlu banyak orang yang tahu bagaimana melakukan sesuatu dengan benar, bukan cuma mengatakannya

  11. Jadi rahasia sukses berinvestasi adalah :
    1- KISS , jangan neko neko dengan banyak indicator , bikin puyeng.
    2- DISIPLIN , jangan sayang – sayang & jatuh cinta
    sama saham yang Kita pegang , Kalau Sudah waktu Nya
    cut loss cerein aza , Dari pada menunggu ke tidak pastian.
    3- jangan nunggu Kaya , untuk ber investasi

    kok simple bangett

  12. Wah luar biasa ….. Rahasia Sukses-nya
    selama ini kita malah melupakan hal-hal yg sederhana dan simple
    Dengan berbagai informasi / iklan yg serba instan dan bombastis malah menutup semua potensi yg ada dalam DIRI KITA SENDIRI sehingga kita jadi ikut-ikutan menjadi Robot !!! dan sangat mudah menyalahkan pihak lain ……. apabila kita mengalami kegagalan.

    Uraian di atas dapat digunakan sebagai pijakan …. bahwa : Kita semua berusaha untuk melakukan sesuatu yang besar, tanpa menyadari bahwa hidup ini sebenarnya tersusun dari hal-hal yang kecil / sederhana ……..

    Semoga Bung Ferdie bisa mempercepat Lauching Investor Sibuk,,,,,, karena PENUNDAAN ADALAH PEMBUNUH ALAMAI KESEMPATAN !!!

    Thanks n GBU

  13. - Menentukan tujuan tanpa perencaan proses hanyalah mimpi
    - Berjalan pada proses tanpa tujuan yg jelas hanyalah kebingungan
    - Berjalan tanpa proses dan tujuan adalah orang ‘mati’ sebelum kematian datang
    Maka sadarilah anugrah dalam diri yg sangat sempurna dan akan menuju kpd kesempurnaan pula.

  14. Kerja keras dan pantang menyerah dalam kondisi apapun harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Semakin rutin dan teratur sehingga apa yang kita kerjakan sebagai suatu kebiasaan tanpa beban akan menghasilkan tujuan yang lebih baik. Jam terbang yang tinggi akan mengasah wawasan pengetahuan dan pegendalian diri dalam menghadapi berbagai masalah.

  15. Hahaha…
    Inilah ekspresi yg sering saya keluarkan pada saat membaca artikelny.
    Lucu dan mendidik.
    Artikel yg bagus.
    Kesuksesan adalah milik orang yang Disiplin n memiliki Sikap n Karakter orang Sukses. Bukankah itu simple kata2 nya?
    Tetapi dalam melaksanakan perlu namany KOMITMEN.
    OK. thank’s atas artikelnya.

  16. yup, ga ada yg instan….yang penting diri kita sendiri mau bener2 sungguh ngejalaninnya atau engga, kita harus punya passion untuk ngelakuinnya dulu hehe

  17. bersegeralah berapapun adanya. kuncinya teratur terus menerus jangan bosan dan sabar untuk mengikuti perjalananannya.

  18. Rahasianya adalah PENGETAHUAN

    Kata Nabi : Sederhanakan segala urusan!
    Kata Nabi : Tuntutlah ilmu sampai negeri cina.
    Benang merahnya adalah, segala sesuatu bisa menjadi mudah atau sederhana jika memiliki pengetahuan atau ilmunya.

    Ibarat memainkan rubik, sulit jika tidak tahu ilmunya tapi sangat mudah bila tahu ilmunya.

    Hanya saja untuk mendapatkan pengetahuan itulah yang tidak bisa INSTANT, ada pengorbanan waktu, tenaga dan uang. Tapi imbalannya adalah kesuksesan.

    Ingat, rahasia sukses menurut Tung Desem W : 1. Belajar dari yg terbaik 2.Larut dan fokus 3. Berulang.

    Mari belajar dan sukses,

    roel’s

  19. ya…memang pelaku pasar resikonya lebih besar dibandingkan pengamat pasar, dan kalau kita bandingkan mana yang lebih benar pendapatnya ya pasti pengamat pasar yang selalu benar. apa yang disampaikan dalam artikel mas ferdie diatas bisa kita ambil satu contoh yang bisa kita amati yaitu mie instan.dari judulnya saja mie instan pasti isi produknya ada sesuatu yang instan dan banyak orang yang mengartikan bahwa instannya itu di lihat dari segi waktu yaitu cara masaknya yang cepat disajikan kemudian karna hal itu kemudian membelinya dan laku keras dipasaran padahal yang membikin mie itu menjadi instan adalah karena bumbunya yang yang instan tidak perlu diracik lagi sehingga tidak memakan waktu yang lama.
    Diibaratkan bumbu itu sebagai IT-nya produk tidak ada harganya tapi berperan penting.Teknik itu penting tapi tak berharga,yang berkuasa atas harga adalah output yang dibuatnya.
    mudah-mudahan e-book instannya kang ferdie bumbunya enak yah….

  20. Baru kali ini saya ketemu dengan penjual yang menyuruh calon pembelinya agar tidak membeli barang jualannya…. Ditekankan lagi terutama untuk para trader profesional, untuk tidak membeli paket pembelajaran agar tidak kecewa di kemudian hari berhubung isinya yang diakui secara polos oleh Kang Die cuma gitu gitu doank..

    Hahahahaha… ini dia baru penjual eksentrik…

    Yang laen pada nutup-nutupin fakta, bujuk-ngebujuk orang-orang dengan segala akal bulus biar dagangannya laris-manis, ehh yang ini malah terkesan sombong dan jual mahal, padahal kan maksudnya cuma sekadar mau jujur aja. pahit di depan istilahnya… Jarang-jarang loh ada penjual jujur seperti ini. Termasuk barang langka nih… jadi sudah sepatutnyalah untuk dikoreksi eh dikoleksi :)
    Jadi makin penasaran nih sama paket utamanya.. menu pembuka aja kayak gini lagunya gimana reffnya yach… hahahaha… ha..chim…