Investasi Saham ala Warren Buffett

Warren Buffett - Sang Investor Nilai

Warren Buffett - Sang Investor Nilai

Siapa yang tidak kenal dengan Warren Buffett ? Wah, kalau masih ada yang tidak mengenal siapa beliau, berarti Anda ‘keterlaluan’. Hehehe…

Warren Buffett adalah mahaguru investasi dunia. Beliau telah mengumpulkan kekayaan milyaran dollar lewat kecerdikannya berinvestasi melalui bendera Berskhire Hathaway, perusahaan yang dikelolanya.

Pada awalnya di Berkshire, Buffett berfokus pada investasi jangka-panjang dalam perusahaan-perusahaan yang sudah terdaftar di Bursa Efek, namun sekarang ini sudah beralih menjadi pembeli perusahaan secara keseluruhan.

BELAJAR DARI WARREN BUFFETT

Lantas, Sebagai investor ritel, apa yang dapat Anda pelajari dari beliau ?

Beberapa orang seringkali bersikap pesimis terhadap cara investasi dari Warren Buffett. Alasannya sederhana, karena beliau menyimpan saham yang dibelinya dalam waktu yang sangat lama, sehingga kebanyakan orang tidak ‘sreg’ dengan cara ini karena masih dikendalikan oleh ketidaksabaran dan emosi (fear and greed).

Orang-orang yang baru mulai belajar main saham, cenderung mencari cara secepat mungkin untuk memperoleh profit dan menjadi kaya. Padahal, ketidaksabaranlah yang membuat beberapa orang justru mengalami kerugian besar. Kalau Anda amati baik-baik, pesan-pesan penting dari Warren Buffett yang perlu diketahui bisa diringkas menjadi 4 poin penting. Apa saja itu ?

  1. Dalam jangka pendek, market cenderung volatile
  2. Dalam jangka panjang, market cenderung selalu naik (uptrend)
  3. Semakin lama Anda menyimpan saham Anda, semakin rendah resiko Anda
  4. Anda akan selalu menang apabila Anda menyimpan saham dalam waktu yang lama

Nah,perlu Anda ketahui sebenarnya Warren Buffett dan investor-investor brilian dunia lain seperti Peter Lynch atau John Templeton mengakui bahwa mereka tidak mengetahui arah pasar dan sampai kapanpun tidak ada seorang pun yang dapat meramalkan arah pasar. Lantas, mengapa mereka bisa menjadi investor yang sukses ?

“Sebuah Jawaban Sederhana : Mereka Membeli Saham Saat Harga DISCOUNT (Undervalued)”

Perlu Anda ketahui bahwa harga saham yang Anda lihat saat ini tidak mencerminkan harga (value) saham itu sesungguhnya. Saat optimisme masyarakat meningkat, harga saham akan ikut meningkat (overprice) dan saat pesimisme meningkat, harga saham juga ikut menurun drastis.

Jadi, ini adalah rahasia para investor sukses seperti Warren Buffett, Peter Lynch, maupun John Templeton. Kata-kata Warren Buffett yang paling menarik adalah kenyataan bahwa ia memang tidak pernah meramalkan arah pasar.  “I have no idea where the market going to go. I never did and never will. It’s not something I think about at all.”

Kesimpulannya : “Belilah saat harga saham berada di bawah nilai intrinsiknya!” Bagaimana caranya ? Nantikan di artikel-artikel berikutnya…

Happy Investing

Please note: I reserve the right to delete comments that are offensive or off-topic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 thoughts on “Investasi Saham ala Warren Buffett

  1. Wow, artikel ini keren sekali! Saya sangat tertarik Belajar Main saham dan Warren Buffett adalah salah satu tokoh idola saya…

  2. dua jempol untuk Warren Buffet…dasra teknik apa ja untuk mulai belajar main saham…adakah modal kecil dapat main saham,krena saya sudah cari brokker and agent, tp mreka mengharuskan modal (deposit) besar..skitar 100 jutaan, sdangkan saya adalah pemula yg hanya sanggup tuk mencoba untuk 10 juta…dimanakah saya bisa mendapatkan kesempatan main saham…mohon rekomendasinya

  3. Investor harus belajar dari pakar2 investor dan trader harus belajar dari trader2 jempolan juga. Choose your way …

  4. Waahh.. mantap kali.
    Itulah yg saya nanti2 kan.
    Tapi Bung Ferdie, artikel u/ htung nilai intrinsiknya udh ad blum?
    Jadi ga sabar nih.. Bung.

  5. Wah, baru tau ternyata Warren Buffet sendiri juga gak pernah tau arah pasar itu mau ke mana.

    Masuk akal banget, yang penting bisa beli saham pada harga DISCOUNT.
    Trus keep untuk jangka waktu yang lama sekalipun seharusnya masih bisa menguntungkan ya.

    Klo bole tanya Bung Ferdie, apakah semua investor yang bertransaksi jangka pendek, keuntungan yang diperoleh tidak akan lebih besar dibandingkan mereka yang bertransaksi jangka panjang?

    Saya sendiri bisa dibilang masih baru di dunia saham dan memang kecenderungannya ingin sekali bisa mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu pendek.

    Thanx Bung Ferdie….

  6. Emang benar yg dilakukan WB tsb, tp kebanyakan emang para investor tdk sabar pengennya cepat cuan, dan menjadi trader padahal ga punya ilmu untuk hal tsb makanya bukannya cuan yang didapat tapi malahan ‘sipun’ dalam waktu yg singkat. saya sekarang mulai bermain sbg investor dg lihat laporan keuangan dan kesehatan perusahaan.
    salam sukses.

  7. Analisa SWOT versi gue for Paket Pembelajaran Investorsibuk.com
    part 1 – Strong Side

    Kelebihan: Bejibunn….
    Smart Idea! No Competitor yet in this field… So it’s going to be the best selling online package on the net…
    Yang nulis bukan pengangguran bro.. orang sibuk lhooo…
    Yang jelas, kayaknya si Bos udah mraktekkin apa yang dia tulis.. That’s the point… It’s proven and also applicable..
    Gaya tulisannya menarik, enak dibaca alias tidak membosankan…
    Cocok untuk orang-orang yang simple-minded kayak saya gini nih…
    Tampilan desain webnya juga nggak kampungan dan dikemas secara pas sehingga menarik untuk disimak materinya
    Terkesan profesional, lengkap dengan segala bukti screenshot dan testimonial page
    Testimonialnya bukan orang sembarangan, tapi para expert tenar yang reputable, kredibel dan terpercaya…
    Sederhana tapi mengena… Ringan tapi bukan berarti enteng
    Pokoke rasa-rasa ne kagak bakalan rugi deh kalo beli paket satu ini…
    Dan satu lagi, jika dilihat dari fotonya, khususnya air mukanya yang terkesan polos nan lugu, kayaknya penjual paket ini orang baik-baik dan bisa dipercaya.. :)

  8. saya setuju dengan artikel ini, saya tunggu rekomendasi yg menarik lagi, untuk pemula bagi saya yg pengen belajar saham ini